Seorang teman pada awal tahun 2002 pernah meminjam salah satu buku bisnis saya.
Dia mengatakan ingin belajar bisnis, karena kebetulan dia lulusan dari
teknologi pangan. Seminggu kemudian ketika saya kerumahnya, buku tersebut masih
`utuh’ belum tersentuh, terletak diatas meja dengan sedikit debu diatasnya. Dia
mengatakan bahwa minggu ini dia sibuk sekali. Mungkin pada akhir pekan dia akan
mulai membaca.
Setahun kemudian ketika saya kesana, ternyata debu diatas buku tersebut bertambah tebal. Dan teman saya masih belum mempunyai waktu untuk membaca karena kesibukannya. Saya akhirnya ambil kembali buku tersebut, karena saya memang sedang membutuhkan informasi didalamnya.
Lalu, bagaimana dengan teman saya ? Saya katakan kepadanya, bahwa seumur hidup dia TIDAK AKAN PERNAH PUNYA WAKTU untuk membacanya. Benarkah ? Atau mungkin saya yang terlalu `pelit’ untuk meminjamkan lagi buku saya kepadanya.
Setiap orang sudah punya `jadwal tetap harian’ di dalam otaknya, mulai dari bangun pagi, gosok gigi, mandi, sarapan, menstarter mobil, ke kantor, bekerja, hingga tidur malam. Pada awal teman saya tadi meminjam buku, dia berusaha memasukkan `menu baru’ ke dalam `jadwal tetap’nya. Menu baru itu akan tetap disitu jika kita melakukan aktivitas tersebut, namun jika tidak `peringkat’nya akan terus menurun.
Setelah satu tahun, peringkat menu `baca buku’ itu pasti sudah terlempar dari 100 besar. Sangatlah sulit untuk mendongkrak kembali ke urutan 10 besar jika tidak ada alasan yang sangat kuat.
Berapa banyak dari kita yang berperilaku seperti itu ? Menunda hal-hal kecil seperti membaca buku, memotong rumput, membersihkan rumah, menata lemari pakaian, dll sampai akhirnya pekerjaan tersebut tertunda terus hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.
Seringkali juga pekerjaan tersebut akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Ada tiga hal yang bisa mendorong kita untuk melakukan pekerjaan yang sering tertunda tersebut, yaitu Alasan, Prioritas dan Komitmen.
Alasan
Setiap orang jika menjumpai hal baru selalu timbul satu pertanyaan di benaknya “What’s in it for me ?” Apa manfaat hal baru tersebut untuk saya ? Adakah manfaat tersebut membawa saya ke kehidupan yang lebih baik ? Adakah manfaat tersebut membutuhkan kerja keras ? Adakah manfaat tersebut dapat dinikmati dalam jangka panjang atau pendek ?
Prioritas
Merupakan urutan yang anda letakkan bagi hal baru tersebut. Anda bisa menentukan prioritas hal baru tersebut dengan menanyakan ke diri sendiri beberapa pertanyaan berikut : Seberapa penting hal baru ini dibanding dengan hal yang sudah ada ? Kalaupun lebih penting, haruskah saya kerjakan sekarang ? Dapatkah hal baru ini ditunda kapan- kapan ? Masa iya saya harus menunda pergi ke mall karena harus harus baca buku ?
Komitmen
Komitmen adalah janji anda kepada diri sendiri. Komitmen sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
* saya akan lakukan jika saya ada waktu
Komitmen ini yang kerapkali
dilakukan oleh orang-2 yang merasa dirinya sangat sibuk. Mereka akan melakukan
tugas baru tersebut disela-sela jadwal mereka yang padat. Itupun kalau memang
ada waktu luang. Mengapa mereka melakukan ini ? Sudah jelas, mereka tidak punya
alasan ! Itulah mengapa alasan diletakkan di tempat pertama.
* saya akan lakukan semaksimal mungkin
Komitmen kedua ini yang kerap
dikatakan orang-2 yang sudah punya alasan, dan berusaha mengerjakan sesuatu
sebaik mungkin. Tapi komitmen ini juga tidak cukup kuat. Ibaratnya anda mengisi
bak air, pada komitmen kedua ini mungkin anda hanya sanggup mengisi setengahnya
saja, karena memang sampai disitu saja anda menganggap kerja anda sudah 100 %.
* saya akan lakukan sampai selesai.
* saya akan lakukan sampai selesai.
Kelihatannya yang ketiga ini
cukup sederhana, tapi justru ini yang tersulit. Pada komitmen ketiga ini, anda
mungkin harus bekerja lebih keras dan lebih lama, untuk mengisi bak air itu
sampai penuh. Anda mungkin bekerja sampai 120 % untuk menyelesaikannya.
Oke, Alasan, Prioritas dan Komitmen. Kalau ketiga hal ini sudah saya laksanakan, adakah hal-hal baru tersebut bisa saya selesaikan ?
Belum, ada langkah terakhir, yaitu action. Sekuat apapun komitmen anda, tentu tidak akan berjalan tanpa tindakan dari anda. Lakukan hal-hal diatas secara terus menerus, karena suatu hal baru akan menjadi kebiasaan jika sering dilakukan.
Selamat bekerja !
0 komentar:
Posting Komentar